setahun kemarin

Rasanya belum segenap setahun, tapi banyak hal yang terjadi pada ramadhan kemarin dan gue rasa yang gue alamin itu indah. Tuhan memberi kesempatan kepada gue yang ingin menuliskan Ramadhan tahun lalu di atas Ramadhan tahun ini. Itu artinya, gue mulai mengawali Ramdhan tahun ini dengan cerita, cerita tentang Ramdhan tahun lalu.

Kok kayaknya rumit dengan diksi tahun lalu dan tahun ini ya. Gue telah melewati masa lalu, dan kini gue berada pada titik waktu yang disebut sekarang namun gue belum mampu untuk menuliskan masa depan ke dalam bahasa gue yang picisan ini.

Agustus 2008 adalah pertama kalinya gue bertemu dengan deadline dalam arti sesungguhnya. Pada bulan itu pula gue mulai menyentuh yang namanya cappuccino. Dalam diari agustus itu, tak ada malam tanpa cappuccino. Bukan tanpa hasil, malam-malam tanpa jam tidur di bawah jam 23.00 itu melahirkan sebuah mahakarya perdana, QWERTYUI.

Apa itu “QWERTYUI”? Bukan hanya sebuah deretan urut dalam keyboard yang sekarang trend jadi istilah HP yang kipetnya mirip keyboard, QWERTYUI memiliki makna lebih dari sekedar apa yang udah dibahas secara singkat tadi. QWERTYUI adalah novel perdana gue yang dengan nekatnya gue ikut sertakan dalam lomba penulisan novel DKJ kategori mahasiswa.

Sambil menulis QWERTYUI, gue mengawali kehidupan malam gue di dunia maya. CFC KAMPRET, begitulah anak komutoku menamai conferences via yahoo yang mengudara setiap harinya. Gue pribadi mulai masuk CFC KAMPRET sih pulang taraweh ampe sahur. Itu juga kadang terus ON ampe ketiduran. Kampreteres adalah teman-teman dalam menuliskan QWERTYUI, bahkan mau dibikinin single sama GO!MEN [penghuni CFC KAMPRET juga]. Meski single itu ga pernah nongol dan novel QWERTYUI ga menang, tapi gue seneng banget menjalani ramadhan kemaren bersama QWERTYUI, bercangkir-cangkir kopi, dan anak-anak kampret.

Kecelakaan motor pertama juga gue alami di ramadhan tahun kemarin. Kecelakaan itu disebabkan karena gue bener-bener tidur di atas motor dan kehilangan keseimbangan. Braaaaghh. Motor dan adek gue yang gue bonceng jatoh bersamaan. Dan gue, tetep ga sadar alisa masih syok. Gue ga mikirin motor, gue ga mikirin diri gue sendiri, yang gue pikirin dimana adek gue. Ternyata doi masih selamet. Motor masih bisa diajak jalan kok, jadi jalan terus ampe rumah disertai kata maaf tak henti kepada ndu. Luka itu membekas dan jadi pelajaran buat gue, “jangan tidur sembarangan”.

Ramadhan kali ini pun membekaskan kejadian yang sangat ga pengen gue inget sama sekali. Bahkan gue males buat nulis di sini. Bagi yang pengen tau, tatap mata gue. Gue bakal kasih tau lewat telepati aja. Oke, gue kasih sedikit petunjuk aja. Perempuan itu minta di anter ke rumah sakit kramat untuk membesuk tantenya. Dan kedekatannya itu berlangung sampai Januari 2009. STOP, jangan nympulin dulu. Gue bukan lesbi. Yang gue ceritain di sini juga bukan tentang gue dan perempuan itu. Udah ya. Sakitnya kerasa lagi.

Bagian dari setahun kemarin adalah belajar. Gue banyak belajar dari tahun lalu. Menjadi orang baik dan menanggapi semua dengan positif itu bukan perkara mudah, tapi gue punya keinginan untuk menjadi seperti itu. Menjadi lebih baik dan hidup dengan energi positif. Haha. Tersenyum untuk orang yang senyum kepada kita itu tindakan yang biasa, tapi tersenyum untuk orang yang udah NUSUK, CINCANG, RAJANG, IRIS-IRIS hati kita baru tindakan yang luar biasa. Dan kau tau? AKU TELAH MELAKUKANNYA. Tersenyum kepada “mereka”. Emosi nih ceritanya.

Selamat menjalankan ibdadah puasa. Mohon di bukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Seorang sahabat berkata, menjalani puasa harus dengan hati yang bersih dan salah satu caranya adalah dengan meminta maaf. Karena kadang niat baik tidak tersampaikan dengan baik.Puasa tanpa QWERTYUI lagi, tapi akan ada kisah lain.

Ai lop yu poool…
Hidup saya untuk hari ini dan esok, bukan kemarin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s