Cerita untuk Sahabat

Sahabat, entah karena kejadian apa hubungan kita menjadi sangat dekat. Beberapa tahun yang lalu, aku bahagia telah dekat denganmu, meskipun sebenarnya kita telah saling mengetahui nama sejak pertama kita bertemu. Bahkan kebagahiaan itu masih terasa sampai sekarang. Hubungan kala itu lebih nyaman dari yang hubungan yang telah kita bina sebelum kita dipisahkan oleh jarak ini.

Kau terlihat angkuh saat kau pertama kali kukenal. Hanya bisa kupandang dari jauh. Aku pun segan mendekatimu. Kau dikelilingi oleh orang-orang yang meremehkanku. Dan aku menyesal telah menganggapmu bagian yang menjadi oposisiku. Ternyata senyum dan tawamu sanggup menghiasi kesepianku.

Namun, keadaan kembali berubah. Aku yang salah. Aku yang membekaskan luka di hatimu. Aku yang merentangkan jarak dan kini berhasil menghilangkan rasa nyaman yang ingin kupelihara. Semua telah merenggang,  takkan bisa mengembalikan rasa nyaman itu. Rasa sakit yang tertinggal mungkin membuatmu mencari seseorang yang lain sebagai penggantiku.

Saat itu, aku ingin menangis. Sungguh. Aku raih kuat-kuat tanganmu dengan segenap kemampuanku. Kau malah meringis sakit. Terpaksa aku lepaskan kau perlahan disertai derai air mataku. Tidak banyak yang kukatakan. Aku memanggil namamu keras. Ternyata suaraku memekakan telingamu. Aku diam.

Kita dipersatukan lagi pada sebuah ruangan. Pertemuan kita telah menjadi rutinitas. Terpaksa.  Aku hanya dapat melihat punggungmu yang tertutup rambut legammu dari belakang. Aku hanya bisa menyaksikan senyum yang kurindukan dari sudut mataku. Senyum yang bukan berdiri di atas cerita kita. Senyum yang menghiasai kisah yang lain. Tak apa. Aku senang jika kau tidak kehilangan kebahagianmu itu.

Aku percaya segala sesuatu pasti memiliki nilai positif meskipun tidak lebih banyak dari nilai negatif yang dihasilkan. Aku ingin bercerita banyak padamu, sahabatku. Apakah masih tersisa sedikit saja rasa nyaman yang pernah kita bagi?

Leave a Reply

