‘Terjaga’ setelah bermimpi

Ngomong-ngomong soal hidup itu adalah mimpi yang sudah dibahas sedikit di tulisan sebelumnya. Tulisan ini merupakan hasil pencerahan yang bersumber dari RD (nama disamarkan) saudara yang super. Lebih banyak sih saya sadur langsung dari perkataan saudara saya yang pemikirannya luar biasa itu.

Begini katanya dalam sebuah kesempatan diskusi yang sangat serius.

Ketika kita bermimpi ditusuk, makan sakitnya tidak akan sesakit ditusuk ketika kita terjaga. Setuju? Saat kita bermimpi ditusuk, kejadian tersebut merupakan kejadian yang berlangsung di alam mimpi saja. Otomatis, segala macam rasa sakit pun tidak akan terasa. Ketika kita terbagun dalam keadaan kaget sekalipun, tusukan itu tidak akan berbekas sama sekali dan kita pun tidak merasakan sakit seperti tusukan jika dilakukan dalam keadaan sadar, terjaga, melek. Dan, berdasarkan hasil pencerahan saya tersebut, hidup itu adalah mimpi. Coba bayangkan rasanya jika ditusuk sekarang (saat kita sadar), itu belum seberapa sakit ketika kita nanti sudah ‘terjaga’. Setuju?

Saya pun merinding jika mengingat dialog lengkap antara saya dengan RD. Saya sadari bahwa saya bukan manusia suci yang tidak berdosa. Dan sangat manusiawi bila saya memiliki rasa cemas, takut, dan khawatir akan merasakan sakit ketika saya ‘terjaga’ nanti. Sering kali saya pribadi menunda-nunda untuk melakukan apa yang diperintahkanNya. Bahkan tidak jarang saya pun melanggar suruhanNya. Setiap perbuatan yang saya lakukan pada mimpi lapis dua (keadaan sadar sekarang) pasti akan dipertanggungjawabkan. Jika kita merasakan terik di alam mimpi, maka tidak akan sepanas teriknya saat ita terjaga. Dan jika kita merasakan teriknya siang hari saat kita terjaga, maka yang kita rasakan tidak akan seterik saat kita ‘terjaga’.

Ternyata, hidup ini hanya mimpi. Apa yang kita cari adalah bekal agar kita nyaman saat ‘terjaga’. Jujur, saya sempat berhenti beberapa menit untuk merenung sendiri. Dan saya pun tidak tahu apa yang akan saya tulis setelah ini.

Saya perlu katakan sekali lagi bahwa saya tidak mengharap blog ini menjadi fenomenal dan kontroversi, kebanjiran komentar, dan menjadi blog superheboh. Saya hanya ingin mengingatkan diri saya sendiri khususnya, dan semoga juga bermanfaat bagi para pengunjung yang tidak sengaja mampir.

4 thoughts on “‘Terjaga’ setelah bermimpi

  1. Nice post n good blog sob…
    Lanjut terus…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya sob di blog saya…
    🙂

  2. yang perlu ditulis selanjutnya adalah kata2 motivasi agar semakin bnyak orang yang “sadar” dan bersikap bijak dalam hidup yang hanya “mimpi” ini.
    nasehat luar biasa untuk saya.
    terima kasih..

    • Aduh, saya ga pinter ngasih kata-kata motivasi. hehe..
      Ada ide?
      Makasih udah mampir ke blog saya yang cak-acakan..
      Sering-sering mampir ya, biar rameeee..
      Lebih enak mimpi indah, bukan? supaya saat terjaga jadi ga kepikiran?

Leave a Reply

