Selamat ulang tahun, Papa

Ini adalah tulisan saya yang kesekian kalinya untuk mengucapkan selamat ulang tahun ke papa. Yang sudah-sudah tidak pernah saya beritahukan, tetapi tulisan kali ini adalah hadiah buat beliau, laki-laki yang menjadi bagian dari kehidupan kami: dida, ndu, momo, dan mama tentunya.

Belum ada satu hal pun yang bisa saya berikan kepada Papa. Belum ada satu prestasi pun yang saya torehkan dalam perjalanan sejarah saya yang membuat Papa bangga. Namun, sebuah mimpi kecil kami (yang sempat tertunda) baru saja terwujud. Saya membebaskan ganjalan nafasnya dengan memperoleh gelar sarjana dengan indeks prestasi yang lumayan. Memang saya belum sempat disebutkan dalam deretan mahasiswa berprestasi saat prosesi wisuda, tapi saya akan melakukan yang terbaik, yang saya bisa secara maksimal sebagai seorang anak. Jika saya tidak dianugerahi otak super cerdas untuk mencetak sebuah prestasi di bidang akademis, saya akan menjadi anak baik yang membuat Papa saya bahagia.

Kami tidak bisa melakukan seperti yang orang lain lakukan dan dapat mendecakkan kekaguman. Dengan keterbatasan yang kami punya, kami akan berusaha sekuat tenaga akan kami menghadirkan kebanggan meski tanpa piala. Kami tidak akan menyia-nyiakan kehadiran kami sebagai bagian dari kehidupan Papa.

Alhamdulillah, di usia Papa yang genap 49 tahun, kami masih bisa bersama Papa, melengkungan senyum di bibir Papa. Candaan tanpa batas yang menjadi milik kita adalah bentuk kasih sayang kami kepadamu, Pa. Hanya doa yang dapat saya mohonkan kepada Allah SWT. Semoga Papa tetap diberi kesehatan agar dida, adik-adik, dan mama bisa tetap bersama. Semoga Papa selalu dianugerahi kebijaksanaan untuk memimpin kami. Semoga Papa senantiasa diberikan kekuatan agar tetap tegar. Dan semoga segala kebaikan menyertai kehidupan Papa, kehidupan kami.

Setetes peluhmu adalah bagian dari tanggung jawab kami untuk mengubahnya menjadi butir-butir kebahagiaan yang akan kita susun bersama. Pengorbananmu adalah perjuangan kami untuk menjadi anak yang berguna. Semoga kami bisa menjadi semangat Papa. Semoga kami mampu menghilangkan kepenatan ketika Papa tengah jenuh.

Selamat ulang tahun, Papa. Sinari jalan kami. Kuatkan kaki-kaki kami dalam menapaki kehidupan ini. Tegarkan kami dengan segala kebijaksanaamu. Semoga Papa selalu sehat. Selamat ulang tahun untuk seluruh Papa yang hari ini berulang tahun.

Selamat ulang tahun, Papa

Selamat ulang tahun, Papa

Datanglah kepada kami kapan pun Papa ingin. Dekaplah kami saat Papa rindu. Kami akan selalu ada untuk Papa. Terima kasih karena papa terus mengingatkan kami jika kami lupa, menguatkan kami saat kami lemah, membimbing kami ketika kami kehilangan arah.

Cinta kami selalu ada dalam setiap aliran darahmu, helaan nafasmu, dan di setiap detakkan jantungmu.

Leave a Reply

