Ia yang Tak Menunggu Hingga Kau Berteriak “Siap”

Mati itu sebuah metamorfosis. Bagaikan kepompong yang mesti mengalami proses yang menyakitkan untuk bisa menjelama jadi kupu-kupu sehingga bisa mengepakan sayapnya dan melihat indahnya taman dengan daun, bunga dan buahnya yang warna-warni dalam terang matahari pagi.

Mati bukanlah akhir kehidupan, melainkan perpindahan dimensi karena ruh tidak mengenal kehancuran.

Mati itu menakutkan karena semua orang cenderung takut pada dunia baru yang belum diketahuinya setelah ruh terpisah dari jasad yang rusak dimakan usia.

Mati itu membuat ngeri dan ingin dihindari bagi yang masih hidup. Sebab, mereka belum siap. Padahal, maut tidak akan pernah menunggu hingga kau benar-benar siap.

Mati datang kepada kita dengan beragam pintu masuk. Mati menjemput tanpa memandang usia, pangkat, agama, dan status sosial. Jendral perang yang gagah perkasa bisa tiba-tiba gemetar dan menyerah bertekuk lutut di hadapan sang maut. Seorang miliader pun tak akan mampu membujuk dan menyuap malaikat dengan kekayaan agar menunda kematian.

Lalu, bagaimana kita sebaiknya memaknai kematian dan apa hubungannya dengan kita semua yang masih hidup? Hidup ini bermakna dan berharga karena adanya kematian, dan kematian memiliki makna karena adanya kelanjutan serial kehidupan baru.

Bagaimana kita yakin, menghargai, dan memperjuangkan prinsip moral kalau kematian berarti berakhirnya seluruh cerita kehidupan? Kalau saja orang baik dan buruk, pahlawan dan pecundang, koruptor dan hakim, berakhir dengan nilai dan nasib yang sama ketika ajal tiba, rasanya skenario kehidupan menjadi asburd dan sulit diterima

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s