Pegangan Hidup Sepanjang Hayat

Pagi ini, gue datang lebih cepat dari biasanya. Karena belom ada kerjaan, gue pun jalan-jalan di halaman Facebook dan menemukan video yang cukup menohok tentang Al-Qur’an. Begini rangkuman dan cuplikan yang telah gue sadur.

====

“Ustadz, aku terserang demam. Ayat mana yang harus aku bacakan?”
“Ustadz, anakku akan menikah. Surat mana yang harus dilantunkan?”
Doa yang mana dari Al-Qur’an yang harus dibacakan ketika aku sedang mencari pekerjaan
Hanya itukah arti Al-Qur’an bagi kita?
Kita mencari berkah karena Al-Quran memberikan berkah kepada pesta kita? Kepada acara budaya kita?
Untuk itukah Al-Qur’an turun? Agar Al-Qur’andapat memberkahi acara adat kita?
Apakah Al-Qur’an tidak memberikan kita petunjuk untuk menjadikan kita manusia yang berbeda
Apakah Al-Qur’an turun agar kita bisa punya hiasan dinding besar bertuliskan ayat di dalam rumah kita, menggantungkan ayat kursi di kaca spion depan mobil yang tidak ber-Air Bag? Untuk itukah Al-Qur’an turun?

Apa yang telah kita lakukan dengan Al-Qur’an selama ini? Hanya memandangnya sebagai kitab resmi umat Islam saja? Tidak menjadikannya petunjuk dalam menjalani hidup di dunia?

 

Leave a comment