Makna Alhamdulillaah

Bismillaah. Selamat datang di zona didakochan bagian galau syariah. Hari ini, dalam perjalanan pulang, gue merenung. Merenung tentang satu kata yang dekat dengan kita. Kata tersebut adalah “alhamdulillaah”. Secara bahasa, alhamdulillah artinya segala puji bagi Allah. Ya! Allaah adalah pemilik segala pujian, Maha Segala-galanya, yang mengatur seluruh isi bumi dan langit.

Kata “alhamdulillah” sering diucapkan saat kita mendapat rezeki, saat barang yang hilang telah ditemukan kembali, saat tugas berat selesai dilaksanakan, saag segala permasalahan berhasil terpecahkan. Singkat kata, “alhamdulillaah” adalah doa yang diucapkan untuk memanjatkan syukur pada Allaah atas rahmatNya, ungkapan terima kasih ataupun sejenisnya.

Tapi gue merasa bahwa alhamdulillaah harusnya tidak cuma diucapkan saat kita bahagia, saat kita mendapatkan rejeki. Alhamdulillaah mestinya diucapkan setiap saat, setiap detik, bahkan ketika kita diberi cobaan. Ya! Saat diberi cobaan juga termasuk nikmat dari Allaah. Kok?

Cobaan dan ujian dari Allaah adalah tanda sayang Allaah pada kita. Allaah inget ada kita yang harus dites keimanannya, apakah kita benar-benar mencintaiNya. Dan setiap lulus dari ujian adalah proses kita untuk dekat demganNnya. Maka berbahagialah setiap insan yang diuji, dan ucapkan Alhamdulillaah. Semoga ‘naik kelas’ dengan hasil yang memuaskan.

wallaah’alam bishowab

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s