Menyoal Demo Hari Ini

Hari ini, para supir moda transportasi melakukan demo di Bunderan HI. Isunya sih sederhana, menolak adanya aplikasi Go-Jek, GrabBike, dan sejenisnya. Mereka merasa rejekinya jadi terampas akibat aplikasi tersebut. Ada beberapa hal yang wara-wiri di pikiran saya berkaitan dengan kabar ini.

Soal rejeki. Di sinilah pentingnya tauhid. Well, gak bisa sih kita teriak-teriak ke supir yang demo “bang, tauhid bang!!!”. Bisa dibalikin, “ini urusan duit, bukan tauhid”. Jadi pelajaran nih buat saya pribadi dari demo ini. Mengingatkan diri sendiri soal rejeki, berhubung saya juga ada masalah finansial.

Ada firman Allaah,
“Dan jikalau Allaah melapangkan rejeki kepada hamba-hambaNya, tentulah mereka akan melampaui batas di muka bumi. Tapi Allaah menurunkan apa yang dikehendakiNya dengan ukuran. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui (keadaan) hamba-hambaNya lagi Maha Melihat” [QS Asy Syuura: 27]

Saya juga lagi berusaha untuk diskusi sama diri sendiri supaya bisa nerima ayat ini dengan lapang dada. Hehe. Nantinya, saya harus qonaah menerima rejeki yang dikasih suami.

Demo protes ini gak cuma terjadi sekali. Dulu waktu Go-Jek muncul, ojek pangkalan demo. Taksi Blue Bird dijegal Taxi Express. Angkot 31 (Pulo Gadung – THB) diprotes ojek. Banyaklah protes yang kelihatan ama orang awam karena gak terima persaingan usaha.

Terus, soal demo lagi. Coba lihat berapa banyak penumpang yang terlantar karena angkutan andalannya gak beroperasi? Berapa nominal uang yang didulang sama si aplikasi online yang dimaksud? Teman-teman kantor saya banyak yang akhirnya naik transportasi online karena bus idaman gak kunjung datang. Dan saya rasa, banyak penumpang di luar sana yang memilih cara yang sama supaya bisa sampai ke tempat tujuan.

Jadi, apakah demo menyelesaikan masalah? Demo masak sih iya. Soalnya abis demo masak, penonton disuruh makan. Jangan lupa bawa tempat makan buat bawa masakannya ke rumah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s